Mekanisme Penyampaian dan Prosedur Penerimaan Pengaduan


MEKANISME PENYAMPAIAN PENGADUAN

Pengaduan disampaikan kepada petugas penerima pengaduan/help desk melalui :

  1. Secara Langsung yaitu pengaduan yang disampaikan secara lisan kepada penyelenggara melalui petugas penerimaan pengaduan/help desk atau kasubbid yang membidangi pada DPMPTSP Kota Banjarmasin;
  2. Tidak Langsung yaitu pengaduan disampaikan melalui :
    1. Kotak Pengaduan/saran;
    2. Surat --- ditujukan kepada Kepala DPMPTSP Kota Banjarmasin;
    3. Teknologi Informasi :
      1. Telp : (0511) - 3305525
      2. Fax : (0511) - 3305525
      3. Web : www.dpmptsp.banjarmasinkota.go.id
      4. Email : dpmptsp.banjarmasin@gmail.com
      5. SMS Center dengan nomor : 0821 34 050505
        • Dengan cara : KETIK ADUAN ATAS NAMA (NAMA PEMOHON) (uraian aduan) KIRIM KE 0821 34 050505
        • Keterangan : pada saat mengisi uraian aduan tanpa menggunakan tanda kurung ( ).
  3. Waktu Penerimaan Pengaduan sebagai berikut :
    1. Senin - kamis : Pukul 08.30 WITA s/d 16.00 WITA
    2. Jum'at : Pukul 08.30 WITA s/d 10.30 WITA

 

PROSEDUR PENERIMAAN PENGADUAN :

  1. Prosedur Penerimaan Pengaduan Langsung yaitu penerimaan pengaduan oleh pengadu kepada petugas penerima pengaduan/pengelola yang menyampaikan aduannya dengan datang langsung atau secara lisan;
    • Prosedur Pengaduan langsung meliputi :
      1. Pengadu diterima ditempat yang telah ditentukan;
      2. Identitas Pengadu dijamin kerahasiannya;
      3. Petugas Penerima mencatat identitas pengadu yang meliputi :
        • Nama dan alamat pengadu;
        • Tempat dan waktu penyampaian pengadu (tanggal, bulan dan tahun);
        • Uraian keluhan/pengadu;
        • Tanda tangan pengadu;
        • Melampirkan data foto, dokumen atau data pendukung;
        • Memberikan nomor pengadu;
        • Pengaduan dari pengadu yang karena kondisi tertentu tidak mampu menulis dan / atau membaca, petugas pengelola membantu untuk mengisi formulir pengaduan;
        • Petugas pengelola wajib mendengarkan aduan pengadu, mencatat substansi pengaduan;
        • Petugas pengelola melakukan koordinasi dengan bidang atau instansi terkait;
        • Petugas mempelajari dan memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan DPMPTSP Kota Banjarmasin apabila diluar kewenangan DPMPTSP Kota Banjarmasin maka pengaduan diteruskan kepada SKPD/instansi terait;
        • Memberikan respon/tanggapan secara proporsional sesuai kewenangan DPMPTSP Kota Banjarmasin yang akan ditindaklanjuti sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
  2. Prosedur Penerimaan Pengaduan Tidak Langsung yaitu Penerimaan pengaduan dari pengadu yang disampaikan kepada pengelola pengaduan melalui : surat, kotak pengaduan, telpon, fax, website, surat elektronik (e-mail)
    • Prosedur penerimaan pengaduan tidak langsung meliputi :
      1. Petugas pengelola pengaduan memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan apabila substansi pengaduan diluar kewenangan DPMPTSP, pengaduan tersebut diteruskan kepada SKPD yang berwenang beserta berkasnya;
      2. Pengadu diberitahukan bahwa pengaduan tersebut diteruskan pada SKPD yang berwenang/teknis sesuai substansi kewenangan;
      3. Pengelola pengaduan memberikan respon atau tanggap awal kepada pengadu paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima;
      4. Pengadu yang menyampaikan pengaduan yang tidak menyebutkan identitas atau anonim dan tidak ada nomor kontak yang dapat dihubungi maka pengaduan dapat/akan diabaikan;
      5. Pengelola pengaduan memberikan nomor pengaduan kepada pengaduan yang berisi identitas penerimaan pengaduan (nama, NIP, tanggal penerimaan dan tanda tangan);
  • Hari Ini (67 Kunjungan)
  • Kemarin (89 Kunjungan)
  • Total (62576 Kunjungan)

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin


Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kota Banjarmasin